Dalam sepakbola, gol merupakan elemen yang  penting. Gol merupakan pencapain suatu tim dalam sebuah pertandingan, dimana kedua tim yang bermain akan bersaing untuk mendapatkan lebih banyak gol. Terkadang tidak jarang sebuah tim rela melakukan apapun demi sebuah gol krusial yang menentukan hasil pertandingan.

Gol dapat tercipta melalui berbagai proses, baik itu dalam keadaan game on maupun set piece. Bisa tercipta baik itu lewat kaki, kepala ataupun anggota tubuh lainnya yang tidak terpikirkan. Dan juga sebuah gol bisa tercipta secara normal, konvensional dan wajar akan tetapi bisa juga sedikit kontroversial bahkan spektakuler.

Seperti artikel yang akan dibahas kali ini, tentang kompilasi gol tendangan jarak jauh. Secara logika, terkadang terlihat mustahil untuk bisa mencetak gol seperti ini dengan kondisi fisik manusia dalam keadaan rata-rata. Akan tetapi sepakbola dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lebih dari itu, itulah yang membuat sepakbola menyenangkan.

Panjang Tungkai Pengaruhi Tendangan Jarak Jauh?

David Beckham yang memiliki kaki kanan lebih panjang ketimbang yang kiri
David Beckham yang memiliki kaki kanan lebih panjang ketimbang yang kiri

Ada sebuah tulisan mengenai tugas akhir sebuah mahasiswa yang mmembahas tentang ‘Hubungan Daya Ledak Tungkai dan Panjang Tungkai Terhadap Hasil Tendangan Jarak Jauh’. Sebuah pembahasan yang cukup menarik tentang bagaimana hal ini bisa menarik seorang mahasiswa tanah air.

Dan dari hasil penelitian tersebut maka didapatkanlah kesimpulan bahwa daya ledak otot tungkai memberikan kontribusi sebesar 79,2%, panjang tungkai memberikan kontribusi sebesar 19,1% sedangkan daya ledak otot tungkai dan panjang tungkai memberikan kontribusi sebesar 81,4% terhadap hasil tendangan jarak jauh.

Sebuah angka yang cukup relevan dengan realita yang ada saat ini. Seperti yang kita semua tau, pemain sepakbola profesional jaman sekarang sekilas terlihat memiliki tungkai yang tidak sepanjang pemain jaman dahulu. Namun secara kualitas jika kita lihat, pemain jaman sekarang ternyata tidak kalah hebat.

Mungkin hal ini terjadi karena perkembangan teknologi baik itu dari teknologi bola yang dipakai, sepatu dan masih banyak lagi. Karena seperti yang kita ketahui, sepakbola ditentukan oleh banyak faktor. Bahkan dari sekian banyak faktor yang ada, tidak ada yang pasti dalam sepakbola, karena masih ada yang namanya faktor luck (nasib).

Kompilasi Tendangan Jarak Jauh Terbaik

Pada video kompilasi kali ini, bisa kita  lihat betapa luar biasanya kemampuan para pemain dalam melakukan tendangan jarak jauh yang berujung pada gol. Secara sekilas bisa kita lihat, hanya sebagian kecil pemain yang mungkin memang memiliki bakat dan teknik untuk melakukannya, sisanya mungkin hanya beruntung.

Mengapa demikian? Karena seperti yang disebutkan di atas tadi, dalam sepakbola segala sesuatu ditentukan oleh banyak faktor. Mulai dari kemampuan fisik pemain, kondisi fisik, bola yang digunakan, sepatu yang digunkan, teknik menendang, arah angin, sampai kepemimpinan wasit dan dukungan suporter pun ada pengaruhnya.

Memang sedikit konyol dan berlebihan jika kita menyebutkan bahwa kepemimpinan wasit dan dukungan suporter juga menjadi faktor pengaruh. Akan tetapi tentu anda semua percaya dengan lonjakan mental yang terjadi dalam sebuah tim akibat hasil dari dukungan suporter, ataupun kejatuhan mental yang terjadi akibat kepemimpinan wasit.

Itu semua memiliki pengaruh, meski begitu tetap memang ada pemain yang terlahir atau mungkin sudah ditakdirkan memiliki baakat seperti itu. Misalnya sebut saja David Beckham. Setelah mendengar nama yang satu ini pikiran kita seolah otomatis mengarahkan opini kita bahwa sang pemain memang seorang spesialis tendangan jarak jauh.

Akan tetapi apapun itu, kita harus memberi apresiasi terhadap pemain yang berhasil mencetak gol dari jarak jauh. Sebab itu merupakan hal yag cukup mustahil, terlepas dari sang pemain memang berbakat, atau hanya beruntung semata.